| HOME | PENDAPAT |

Thursday 18 December 2008

dr. HR Endro Sukmono, SpP, Ahli Paru, Akupunturis, dan Herbalis

SIRIH MERAH MENAMBAH INVESTASI OBAT DAN PENGOBATAN TRADISIONAL

Pada tahun 1989 MPR telah menetapkan amanatnya yang menyatakan perlunya penggalian, penelitian, pengujian, dan pengembangan obat tradisional serta cara pengobatan tradisional. Pemeliharaan dan pengembangan pengobatan tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang harus terus ditingkatkan dan didorong usaha pengembangannya melalui penggalian, penelitian. Pengujian dan pengembangan serta penemuan obat-obatan termasuk budi daya tanaman obat yang secara medis dapat dipertanggungjawabkan.
Masyarakat semakin berpikiran maju dan mendapat informasi bahwa di Negara-negara Barat orang mulai kembali ke alam, karena obat modern yang digunakan banyak menimbulkan keluhan atau efek samping yang tidak diinginkan. Bukan berarti obat tradisional tidak memiliki efek samping, tetapi efek samping tersebut relative kecil. Selain itu, obat tradisional sudah lama dipergunakan dan tidak menimbulkan keluhan yang berarti.
Sirih merah menambah investasi obat dan pengobatan tradisional serta dapat ikut membantu mengatasi kekurangan pengobatan Barat. Sebagai contoh, akhir-akhir ini pengobatan terhadap penyakit TBC tampak adanya resistensi. Demikian pula pengobatan terhadap kanker dan asma, sampai saat ini hasilnya juga belum memuaskan. Obat tradisional, termasuk sirih merah, diharapkan dapat ikut membantu mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan izin Tuhan, mudah-mudahan lebih banyak dan lebih cepat lagi hadir obat untuk mengobati penyakit yang sulit disembuhkan atau yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Semoga Tuhan meridhoi.

Copyright © pesonasirihmerah.blogspot.com December 2008.
All Rights Reserved
BANYUWANGI – JAWA TIMUR – INDONESIA