| HOME | PENDAPAT |

Thursday 18 December 2008

KRAy. S.M. Anglingkusumo

RAMUAN SIRIH MERAH SANGAT MEMBANTU MASYARAKAT

Sungguh suatu perhatian yang baik dan saya bangga karena sirih merah merupakan ramuan tradisional sangat membantu masyarakat dalam upaya memperoleh kesehatan dengan cara tradisional yang sangat terjangkau. Selain itu, saya juga bangga dengan munculnya ramuan-ramuan tradisional Indonesia dengan melestarikan tanaman yang indah dan berkhasiat. Terlebih lagi, saya bangga karena penulisan dan pengamatan terhadap sirih merah muncul dari Yogyakarta.
Menurut pendapat saya hal seperti ini perlu menjadi contoh generasi penerus untuk belajar mengamati khasanah tanaman obat yang ada di Negara kita agar tidak didahului orang-orang asing. Tidak banyak orang yang mempunyai idealisme, perhatian, kemudian meneliti dan menuliskan pemikirannya sekaligus mengabdi kepada masyarakat. Berbuat sesuatu yang bermanfaat dan mendatangkan penghasilan tidak perlu bersusah payah atau mencari dari tempat yang jauh. Di sekeliling kita sangat banyak hal yang bisa menjadi bahan penelitian, penulisan, dan menjadikannya sebagai penghasilan. Terlebih lagi jika kita tekun, tanggap, dan memiliki kemauan. Sdr. Dewo adalah salah satu orang Indonesia yang memiliki kemauan, ketekunan, kreativitas, dan semangat yang seharusnya diikuti oleh orang lain agar potensi daerah dan potensi alam kita tidak dimanfaatkan orang asing.
Saya berharap Sdr. Dewo bisa terus mengembangkan pengetahuan, bekerja sama dengan para ilmuwan di bidang pertanian khususnya hortikultura, peneliti dan pakar obat-obatan tradisional lainnya, produsen, serta lembaga pemerintrah atau swasta yang dapat menambah wawasan bahkan mungkin menjadi sponsor dalam penulisan buku selanjutnya. Hal ini disebabkan informasi mengenai tumbuh-tumbuhan yang berguna untuk kesehatan saat ini sangat diminati dan menjadi buah bibir berbagai kalangan. Karenanya, jangan putus asa, maju terus, semoga sukses, dan mendapat rahmat dan dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sang Pencipta alam yang luar biasa ini.

KEHADIRAN SIRIH MERAH DALAM KHASANAH PENGOBATAN HERBAL SANGAT TEPAT
Ny. Yani Saptohudoyo, Yogyakarta
Saat ini telah banyak orang beralih perhatian dari cara pengobatan modern atau medis ke pengobatan alami atau herbal. Tren kembali kealam tidak sebatas pada obat-obatan, tetapi juga telah merambah ke produk-produk kecantikan yang diolah secara modern.
Kehadiran sirih merah dalam khasanah pengobatan herbal saat ini saya rasa sangat tepat. Walaupun secara detail saya bukan ahlinya dalam menilai isi kandungan daun sirih merah, secara keseluruhan, baik isi materi buku maupun testimony yang disajikan, terus terang sangat menarik perhatian saya.
Harapan saya, pada masa mendatang ada produk-produk turunan dari sirih merah yang dapat digunakan oleh kaum perempuan secara luas, misalnya sirih merah untuk lulur perawatan kulit, masker wajah, sabun kesehatan atau antiseptic, krim untuk mengatasi flek dan jerawat, cairan pembersih organ kewanitaan, cairan pencegah kerusakan akar rambut, atau penghambat proses penuaan dini.
Jika memungkinkan dibuat pula ramuan alami khusus untuk produk-produk spa yang bahan utamanya dari sirih merah. Seperti produk scrubbing dan maskernya. Produk tersebut bermanfaat untuk membersihkan dan menghaluskan kulit, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Dapat diformulasikan pula dengan minyak esensial sandal wood, yoghurt segar, minyak melati, minyak zaitun, minyak bunga-bunga beraroma, serta bubuk biji-bijian yang mengandung nutrisi yang berkhasiat bagi kulit.
Dalam buku ini diterangkan bahwa sirih merah mengandung za antiseptic tinggi yang potensial untuk menyehatkan kulit. Saya kira tidak berlebihan jika produk-produk unggulan dari bahan baku sirih merah, baik sebagai obat maupun sebagai bahan alami produk kecantikan, akan direspon positif oleh masyarakat luas, terutam kaum perempuan Indonesia.
Akhirnya selamat atas terbitnya buku ini, semoga bermanfaat, sekaligus melengkapi referensi tentang herbal di Tanah Air. Saya berharap agar isi buku dapat dipertanggungjawabkan dan penulisnya tetap kreatif dalam berkarya. Saya telah mengonsumsi The Herbal Sirih Merah. Rasanya enak di badan dan memang nyata berkhasiat. Mudah-mudahan pada masa mendatang, produk sirih merah semakin diminati masyarakat.

Copyright © pesonasirihmerah.blogspot.com December 2008.
All Rights Reserved
BANYUWANGI – JAWA TIMUR – INDONESIA