| HOME | PENDAPAT |

Thursday 18 December 2008

Ir. Suwardi, MP, Dosen Tanaman Obat dan Rempah, Herbalis

INFORMASINYA PERLU DISEBARLUASKAN KEPADA MASYARAKAT

Tanaman obat asli Indonesia ada sekitar 30.000 jenis yang belum termanfaatkan secara maksimal. Masing-masing spesies memiliki aneka ragam varietas, termasuk tanaman sirih (Piper battle L.). pada mulanya sirih dipergunakan untuk obat mimisan, bisul, dan disinfektan. Namun, pada perkembangan selanjutnya ditemukan sirih yang daunnya berwarna kemerahan, sehingga disebut dengan sirih merah (varietas Rubrum) yang memiliki kandungan bahan aktif lebih lengkap daripada sirih biasa. Secara kimiawi bahan aktif yang terkandung dalam daun sirih secara umum berupa minyak asiri, flavonoid, alkaloid, senyawa polifenolad, dan tannin.
Dilihat dari daya penyembuhan dan khasiatnya yang telah dibuktikan oleh pengguna, informasi ini perlu disebarluaskan kepada masyarakat. Tata cara pengembangan dan budi daya sirih merah perlu diinformasikan kepada petani tanaman obat, sehingga dapat diusahakan sebagai tanaman obat komersial multikhasiat. Di samping itu, perlu pula dirintis industri obat tradisional berbahan baku sirih merah sebagai penampungnya. Jika kerja sama ini dapat terjalin petani tanaman obat dapat terangkat kesejahteraannya.
Terbitnya buku tentang sirih merah ini perlu disambut secara positif untuk menambah referensi mengenai spesies tanaman sirih sebagai tanaman obat unggulan asli Indonesia.

Copyright © pesonasirihmerah.blogspot.com December 2008.
All Rights Reserved
BANYUWANGI – JAWA TIMUR – INDONESIA