| HOME | PENDAPAT |

Thursday 18 December 2008

Prof.Dr.dr.Wasilah Rochmah Sp.PD, K-Ger, Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM, Konsultan Geriatri (Penyakit pada Lansia), Penanggung Jawab Klinik Lansia

BERJALANLAH TERUS DENGAN IDE YANG TELAH DIMULAI

ALLAH SWT MENURUNKAN SEGALA MACAM PENYAKIT SELALU BERSAMA OBATNYA, KECUALI TUA (AL QURAN)
Baik secara pribadi maupun sebagai seorang dokter dan seorang akademisi, saya ikut mengucapkan syukur Alhamdulillah atas karya seorang generasi muda kita, Bambang Sudewo, yang telah berupaya mengangkat salah satu karunia Ilahi berupa tanaman sirih merah sebagai tanaman yang secara empiris selama beratus-ratus tahun digunakan oleh nenek moyang kita sebagai penawar berbagai keadaan yang mungkin saat itu belum diketahui nama penyakitnya.
Saya kira dalam kehidupan sehari-hari kita semua pernah mendengar, melihat, mungkin menggunakan golongan sirih untuk menghentikan perdarahan, menguatkan jaringan, sebagai disinfektan, dan mempercepat penyembuhan luka. Ternyata masih banyak lagi pengalaman saudara-saudara yang lain tentang kegunaan sirih tersebut. Khusus sirih merah, Saudara Bambang Sudewo telah berupaya mengumpulkan dan kemudian menyusun segala informasi, baik tentang budi daya maupun kegunaannya untuk tujuan ikut serta dalam upaya pengembangan dan obat-obatan tradisional.
Kita menyadari bahwa negeri kita ini kaya raya dengan segala flora dan fauna. Saudara-saudara kita pun yang banyak bergelut dengan kekayaan alam tersebut. Untuk menuju arena akademik yang penuh dengan para peneliti dan para ahli, bagi mereka merupakan hal yang cukup sulit. Bagaimana dengan para ilmuwan kita? Uluran tangan untuk bergandengan bersama menguak kekayaan ini perlu dimulai dari para peneliti agar peluang emas dari Allah SWT yang dilimpahkan kepada bangsa Indonesia ini tidak begitu saja digaet oleh bangsa lain, seperti kekayaan-kekayaan lainnya sejak dulu hingga saat ini.
Sekali lagi salut kepada saudara Bambang Sudewo. Berjalanlah terus dengan ide yang telah dimulai, dari rebusan ke ekstrak, kemudian perlu analisis kandungan sirih merah bersama dengan Pusat Studi Obat Tradisional UGM, yang akhirnya bisa mencapai uji klinis.
Kalimat penggempur aneka penyakit perlu disulam dengan kata-kata yang lebih eksklusif ilmiah disertai dengan aturan atau dosis yang tepat dan peringatan bahwa setiap obat pasti ada efek samping yang bisa terduga atau tidak terduga. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan melindungi Anda. Amien.

Copyright © pesonasirihmerah.blogspot.com December 2008.
All Rights Reserved
BANYUWANGI – JAWA TIMUR – INDONESIA