| HOME | PENDAPAT |

Thursday 18 December 2008

R. Broto Sudibyo, BSc, 87 tahun, Pakar Herbal

KANDUNGAN SIRIH MERAH HAMPIR SAMA DENGAN SIRIH HITAM DAN SIRIH BETOK

Kehadiran buku yang ditulis oleh ananda Bambang Sudewo dalam khasanah pengobatan tradisional (herbal) kita sambut positif, yang penting obat tradisional dari bahan baku berbagai jenis tanaman herbal harus aman dan bermanfaat. Jika setelah minum ramuan herbal ada keluhan negative yang merugikan, harus ada anjuran untuk dihentikan. Bisa jadi sirih merah berkhasiat menanggulangi beberapa penyakit, baik secara tunggal maupun diformulasikan dengan tanaman obat lainnya yang memang pas untuk dipadukan.
Tanaman sirih merah mempunyai nama latin Piper betle Linn. Sinonim Chavica anuriculatal Chavica betle Mig memilik kandungan senyawa saponin, flavanoid, polifenal, kavicol, kavibetol, dan ponlen. Kandungan sirih merah hampir sama dengan sirih hitam serta sirih betook I dan II. Sirih merah memang rasanya sangat pahit dibandingkan dengan sirih biasa atau varietas lainnya.
Untuk dapat menemukan seberapa kuat khasiat sirih merah dalam pengobatan herbal kiranya perlu uji klinis yang lebih dalam, sehingga kehadirannya benar-benar bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkannya sebagai obat herbal yang “mujarab”. Saya berharap ada penulis lain yang berani mengorek rahasia sirih merah untuk kepentingan masyarakat luas. Jika memang diperlukan, Departemen Pertanian dan Departemen Kesehatan harus membantu dan memberikan kemudahan bagi yang berkepentingan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang fenomena sirih merah ini dalam khasiat pengobatan herbal di Indonesia.

Copyright © pesonasirihmerah.blogspot.com December 2008.
All Rights Reserved
BANYUWANGI – JAWA TIMUR – INDONESIA